Malam ini ketika mencari bahan untuk blog, saya mengecek account Twitter saya dan kebetulan saya menemukan artikel menarik dari http://googlesystem.blogspot.com/2010/04/android-on-iphone.html. Di artikel tersebut dituliskan bahwa sebuah developer team dari iPhone untuk aplikasi jailbreaking berhasil menginstall Android OS pada iPhone.

Konsep yang digunakan oleh dev team tersebut adalah dengan mengganti Apple Bootloader dengan Bootloader lain yang bersifat Open Source yaitu OpeniBoot. Penggantian Bootloader tersebut memungkinkan dev team tersebut untuk menginstall sistem operasi lain. Dengan mampunya Android diinstall pada iPhone, hal ini bisa bermanfaat untuk mendapatkan Flash pada iPhone anda dimana Flash merupakan salah satu bentuk aplikasi yang tidak disupport oleh perusahaan Apple dalam produknya.

Selain pada iPhone, ternyata Android juga dapat diinstall pada Handset dengan sistem operasi Windows Mobile 6.X, seperti yang didapatkan dari sumber http://www.redmondpie.com/how-to-dual-boot-windows-mobile-and-android-on-windows-phone-9140407/.

Menurut sumber tersebut, hal itu dimungkinkan dengan penggunaan software Gen.Y DualBOOT untuk meninstall Android OS dan Windows Mobile OS pada handset yang sama. Saya sendiri belum sempat mencari referensi pengaruhnya ke memori handphone dan kecepatan kerja.

Dual Boot Windows Mobile and Android

Gen.Y DualBOOT supports WVGA, VGA and QVGA devices and can be used to boot Android

(Sumber)

Mungkin saya akan update lagi artikel ini ketika saya juga sudah mencoba menginstall Android OS di Windows Mobile Phone saya. Satu hal yang bisa saya tangkap, platform Android OS yang luar biasa fleksibel dan bersifat Open Source tentu bisa menjadi ancaman bagi OS Smartphone seperti Apple dan Windows Mobile di masa depan. Manfaat dengan adanya penggunaan Dual Boot ini anda mampu membuat handset anda memiliki fitur yang saling melengkapi antara masing-masing OS, seperti penggunaan Flash pada iPhone.

Untuk referensi lebih lanjut, silakan diklik link menuju web referensi di atas. Terima kasih bagi yang sudah membaca, semoga bermanfaat !

*Update : Ternyata setelah Googling hari ini dengan sangat berat hati saya harus kecewa karena Handset saya(Windows Mobile) ternyata tidak bisa menggunakan aplikasi ini. Handset yang mampu menggunakan Gen Dual Boot harus memiliki tipe display VGA,QVGA, dan sejenisnya. Dan kelihatannya aplikasi ini didesain untuk Smartphone HTC, seperti HTC Diamond dan Blackstoren, dan sejenisnya yang menggunakan layar sentuh. Apabila mungkin diantara pembaca ada yang pernah mencoba atau mengerti cara dual boot ini tolong dishare yah, karena saya sendiri juga penasaran ingin mencoba Android 😀

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.